TANGGUNG JAWAB ORANG TUA BERDASARKAN AMSAL 4:10-15 BAGI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA 7-12 TAHUN

Authors

  • Inri Serliani Fallo Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Terah Yohanes Manu Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Sherly Mudak Sekolah Tinggi Teologi Arrabona Bogor
  • Yerni Talan Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Katania Institut Agama Kristen Negeri Kupang

DOI:

https://doi.org/10.52960/r.v3i1.267

Keywords:

responsibility, character education, implementation, parents, children aged 7-12 years

Abstract

The quality of one's education has a strong influence on the quality of one's life. Intellectual education is certainly not enough, but it must be complemented with character education. Good character education can help a person to improve the quality of the implementation of intellectual education results. The quality character must be formed or trained from an early age. In character education, parents have a huge and fundamental responsibility. Parents are responsible for educating and shaping children's character so that children live as God intended.  The method used in this research is a qualitative research method, where each data is obtained through observation, interviews, and some literature data. Based on this research, it was found that some parents have not been effective in educating or shaping a child's character. For example, giving excessive freedom to children, always following the wishes of children, saying indecent words in front of or to children, lack of time with children, and even being indifferent when knowing children make mistakes. Parents are responsible as educators or teachers who teach and also as leaders who lead and direct a child to the path of truth so that life has the character of Christ.

References

Aisyah M. Ali. Pendidikan Karakter_Konsep Dan Implementasinya. Jakarta: Kencana, 2018.

Angin, Yakub Hendrawan Perangin, Tri Astuti Yeniretnowati, and Yonatan Alex Arifianto. “Implikasi Nilai Manusia Dalam Praksis Kepemimpinan Menurut Kejadian 1: 26-27.” MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan Kristen 2, no. 1 (2020): 47–61.

Asmuddin, Salwiah dan. “Membentuk Karakter Anak Usia Dini Melalui Peran Orang Tua.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 6 (2022): 2931.

Babis, Debi Yulita. “IMPLEMENTASI KETELADANAN YESUS BAGI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA 7-12 TAHUN.” Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta, 2022.

Creswell, John W. Research Design Edisi Ketiga. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar, 2009.

Dkk, Tony Salurante. “Tanggung Jawab Menjalankan Protokol Kesehatan Di Tengah Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Perspektif Etika Kristen.” Visio Dei?: Jurnal Teologi Kristen Vol 3 no 1 (2021): 69.

Fajriati, Kholifatun Maulintia, Dewi Puji Indah Lestari, Aninda Eka Rahayu, and Intan Kusuma Wardani. “Kedudukan Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Masyarakat Sebagai Pengembangan Kinerja Menuntut Ilmu Peserta Didik.” Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan 1, no. 3 (2022): 118–125.

Fauzan, Rahmad. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam Untuk Anak Usia 7 Sampai 12 Tahun.” IAIN Padangsidimpuan, 2015.

GP, Harianto. Teologi PAK. Yogyakarta: ANDI, 2017.

Herawati, Kristina. “Penting Pendidikan Agama Kristen (PAK) Bagi Etiket Pergaulan Anak.” Jurnal Scripta dan Pelayanan Kontekstual Vol 1 (2016): 57.

J.R. Raco. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gramedia, 2010.

Jenri Ambarita. Pendidikan Karakter Kolabiratif. Sumsel: Inteligi, 2021.

Joko Wibowo. Ku Mendidik Anakku Dengan C.I.N.T.A. Bogor: Guepedia, 2020.

Kresbinol Labobar. Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk Multikultural. Klaten: Lakeisha, 2022.

Lule, Adriana. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia 7-12 Tahun Pada Era Digital Di Jemaat GPID Sion Olotua-Gangga,” 2022.

Manurung, Kosma. “Menggagas Strategi Pemulihan Bagi Anak Korban Konflik Orang Tua Di Keluarga Kristiani.” Jurnal Lentera Nusantara 2, no. 2 (2023): 161–178.

Marhadika, Alfa Sakinata. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Kenjeran Surabaya.” JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik 2, no. 01 (2016): 107–124.

Nainggolan, Asmat Purba dan Alon Mandimpu. “Pola Asuh Orang Tua Kristen Terhadap Anak Dalam Menghadapi Tantangan Kemajuan Zaman.” Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Vol. 2 (2021): 6.

Novina Fransisca Nainggolan dan Urbanus Sukri. “Tanggung Jawab Orang Tua Kristen Dalam Pendidikan Anak Terhadap Spiritualitas Anak TKK Anugerah Immanuel Di Tapanuli Utara.” Inculco Journal of Christian Education Vol. 2 (2022): 15.

Nur Devi. Pentingnya Pendidikan Untuk Masa Depan. Yogyakarta: Victory Pustaka Media, 2022.

Pasang, Naomi Ayub. “Pengaruh Pendidikan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia 7-12 Tahun Di Gereja Bethel Tabernakel Jemaat Gethsemani Panakkukang Makassar.” Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2018.

Prianto, Robi. “Takut Akan Tuhan Sebagai Dasar Pertumbuhan Spiritualitas Remaja Kristen?: Studi Eksegesis Amsal 1:1-7.” Jurnal Teologi dan Pengembangan Pelayanan Vol 12 (2022): 55.

Rasdiana, Rasdiana, Bahaking Rama, and Muh Yahdi. “PERLAKUAN ORANG TUA KEPADA ANAK PUTUS SEKOLAH DI DESA PARAPPE KECAMATAN CAMPALAGIAN KABUPATEN POLEWALI MANDAR.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 2, no. 2 (2020).

Riana Mashar. Emosi Anak Usia Dini Dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kencana, 2011.

Rifda Eliyasni, Dkk. Perkembangan Belajar Peserta Didik. Batu: Literasi Nusantara, 2020.

Ruli, Efrianus. “Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak.” Jurnal Edukasi Nonformal Vol.1 (2020): 144.

S, Lukas Adi. Smart Book Christianitiy Perjanjian Lama. Yogyakarta: ANDI, 2015.

Sahartian, Santi. “Pengaruh Pembinaan Rohani Di Keluarga Terhadap Karakter Pemuda Berdasarkan Kolose 2:6-10.” Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika Vol. 2 (2019): 25.

Shabri Shaleh Anwar. “Tanggung Jawab Pendidikan Dalam Perspektif Psikologi Agama.” Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 1 (2014): 13.

Sharon, Sanjay M.J.K Nadaek & Eva. “Strategi Orang Tua Dalam Mendidik Anak Usia Dini Menurut Amsal 22:6 Terhadap Perkembangan Kecerdasan Spiritual Anak Dan Implikasi Bagi Orang Percaya.” Jurnal Tabgha Vol. 3 (2022): 143.

Siahaan, Christa. “Peran Orang Tua Sebagai Pendidik Dan Pembentuk Karakteristik Spiritualitas Remaja.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen SHANAN Vol.3 (2019): 99.

Sin, Sia Kok. “Pendekatan Topikal Dalam Menafsirksn Kitab Amsal.” Jurnal Theologia Aletheia Vol 20 (2018): 3.

Soesanto, Heri. Personal Integrity Development Guide. Yogyakarta: PT.KANISIUS, 2022.

Strong, James: New Strong’s Guide to Bible Woords.Eltronic Ed. Nashville: Thomas Nelson. Nashville: Thomas Nelson Publisher, 1997.

Strong, James. The New Strong’s: Exhaustive Concordance Of The Bible. Nashville, Tennessee: Nelson, 1990.

Sugiyono dan Puji Lestari. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: ALFABETA, 2021.

Sukiman. Mengembangkan Tanggung Jawab Pada Anak. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2016.

Sukmawati, Khoirun Nisak. “PENGARUH POLA ASUH PERMISIF ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKn DAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS RENDAH DI SDN TAMBAHREJO KABUPATEN BLORA.” UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG, 2023.

Suriani. Tanggung Jawab Orangtua Dalam Pendidikan Rohani Anak-Anak Berdasarkan Ul 6:5-7 Serta Peran Teori Memori Dan Gelombang Otak. Sumatera Barat: Insan Cendekia Mandiri, 2022.

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini?:Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana, 2011.

Tambunan, Wandi Pangihutan. Dream, Driven, Journey. Yogyakarta: ANDI, 2020.

Thayer, Joseph H. Thayer’s Greek-English Lexicon of The New Testament. Michigan: Grand Rapids, 1997.

Tiut Imeldawati dan Melani Tampubolon. “Pola Asuh Orangtua Kristen Dan Dampaknya Terhadap Pembentukan Perilaku Anak Di Lingkungan IV Kelurahan Sempaka.” Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen Vol 3 No 1 (2021): 2.

Ulya Zainus, Dkk. “Analisis Nilai Karakter Tanggug Jawab Anak Dalam Pembelajaran Daring” Vol. 8 (2022): 569.

Urip Triyono dan Mufarohah. Bunga Rampai Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Wardani, Evy Clara dan Ajeng Agrita Dwikasih. Sosiologi Keluarga. Jakarta: UNJ PRESS, 2020.

Widianto, Edi. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga.” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo Vol. 2 (2015): 32.

Winarni, Suci, Abdul Rahman, and Eka Yanuarti. “Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Kelas X SMK N 2 Kepahiang.” IAIN Curup, 2019.

Zulham Hamidan Lubis dan R. Nunung Nurwati. “Pengaruh Pernikahan Usia Dini Terhadap Pola Asuh Orang Tua.” Jurnal Pengabdian Dan Penelitian Kepada Masyarakat (JPPM) Vol.1 (2020): 13.

Downloads

Published

2024-01-04

Issue

Section

Articles