PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMA NEGERI 9 KUPANG
DOI:
https://doi.org/10.52960/das.v1i1.266Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif; Think Pair Share; HasilAbstract
Penelitian ini membahas model pembelajaran kooperatif Think Pair Share, bertujuan untuk mengajarkan siswa agar lebih mandiri dalam proses pembelajaran, dapat membangkitkan rasa percaya diri siswa, dan mempertinggi kualitas proses pembelajaran. Masalahnya guru masih menggunakan metode tradisional seperti ceramah. Karena itu, peneliti tertarik meneliti tentang penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMA Negeri 9 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan (Planing), melaksanakan tindakan (Acting), pengamatan (Observing) dan refleksi (Reflection). Sasaran penelitian ini adalah SMA Negeri 9 Kupang kelas XI dengan jumlah peserta didik 15 siswa. Teknik pengumpulan data: tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian, yaitu: 1) pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan keaktifan dalam bekerjasama menjadi lebih baik; dan 2) penggunaan model ini dapat meningkatkan hasil belajar. Peningkatan mulai pre tes, post-tes siklus I, sampai post-tes siklus II. Hal ini diketahui dari presentase ketuntasan belajar dengan penerapan model ini juga meningkat dari siklus I sebesar 58,65%, kemudian meningkat sebesar 89,65% dari presentase ketuntasan kelas yang diharapkan peneliti yaitu 75% dalam satu kelas.