STRATEGI PEMBELAJARAN PIANO TINGKAT DASAR DALAM LAGU SEDERHANA UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI JJ MUSIK COURSE KUPANG
Strategi pembelajaran musik
DOI:
https://doi.org/10.52960/jt.v4i1.300Kata Kunci:
Strategi Pembelajaran; Anak berkebutuhan khusus; Lagu sederhanaAbstrak
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran piano tingkat dasar lagu sederhana yaitu lagu anak yang memiliki kebutuhan khusus di JJ Music Couse di Kota Kupang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengurai stategi pembelajaran piano tingkat dasar lagu sederhana pada anak yg berkebutuhan khusus di JJ Music Cource yang terletak di Kota Kupang. Penelitian ini bersifat kualitatif karena prosedur masalah dilakukan dengan cara menggambarkan, melukiskan keadaan subjek atau objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang ada dan berusaha mengemukakan satu dengan yang lain di dalam aspek – aspek yang diselidiki. Peneliti melakukan wawancara terhadap pengajar kursus tentang strategi pembelajaran piano tingkat dasar dalam lagu sederhana pada anak berkebutuhan khusus di JJ Musik Course Kupang. Wawancara dilaksanakan mengacu pada 5 indikator strategi pembelajaran, yaitu pengamatan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Untuk anak berkebutuhan khusus dibutuhkan 4 x pertemuan sedangkan untuk anak normal bisa lebih cepat 1-2 x pertemuan sudah bisa memainkan lagu tersebut. Strategi pembelajaran piano tingkat dasar lagu sederhana yaitu lagu anak yang memiliki kebutuhan khusus di JJ Music Couse yaitu, pengajar harus sabar, hindari asumsi negatif, frustasi, kebingungan, dan tuntutan yang tinggi, step by step (selangkah demi selangkah) adalah memberikan pengajaran kepada anak berkebutuhan khusus sedikit demi sedikit, serta toleransi dan komunikasi.
Referensi
Alexander, F., Liufeto, M. C., Hutapea, R. H., Anselmus Dami, Z., & Tobing, O. L. (2023). The Impact of the COVID-19 Pandemic on Christian Higher Education in Indonesia: Natural and Moral Evil. Journal of Research on Christian Education, 32(3), 99–130. https://doi.org/10.1080/10656219.2023.2283631
Arnold, V. J., & Iswanto. (2020). Etnomusikologi Budaya Nyanyian Ille Le Pada Masyarakat Melolo, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.
Farah Rachel, S., & Iswanto. (2023). MANAJEMEN PERSIAPAN LATIHAN MUSIK IBADAH DAN ARANSEMEN DI GEREJA MARTURIA OESAPA SELATAN. Tambur, 3(2), 97–104. https://doi.org/https://doi.org/10.52960/jt.v3i2.289
Iswanto, I. J. K. T. S. L. A. S. L. (2022). WADITRA JUNGGA DALAM PERSPEKTIF ETNOPEDAGOGI MASYARAKAT KAMBERA , NUSA TENGGARA TIMUR.
Iswanto, I., & Kawanggung, Y. (2021). Moko Symbolization As Socio-Religious Harmony of Alor Society in East Nusa Tenggara. Analisa: Journal of Social Science and Religion, 6(02), 181–198. https://doi.org/10.18784/analisa.v6i02.1297
Iswanto, Pa, H. D. B., Kabnani, J. S., Triati L. Salau, Nulik, C., Bauana, A. E., Saefatu, A. Y., Tafuakan, P., Koli, M., & Thoomaszen, F. (2022). Pelatihan Musik Berbasis Komunitas di House of Joy Desa Oemat Nunu, Kupang Barat, Kabupaten Kupang. Devotion: Jurnal …, 1(1), 31–48. https://doi.org/https://doi.org/10.52960/dev.v1i1.116
Kabnani, J., Salau, T., Iswanto, & Lakapu, L. A. S. (2022). Waditra Jungga Pada Masyarakat Kambera, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Tambur, 2(1), 1–12. https://ejournal.staknkupang.ac.id/ojs/index.php/tam/article/view/89/115
Maryani, Imma Fretisari, A. M. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Notasi Balok Melalui Metode Drill di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(2).
Zuchri Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Tambur : Journal of Music Creation, Study and Performance

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.