Hubungan Media Sosial dengan Pertumbuhan Iman Remaja
DOI:
https://doi.org/10.52960/r.v4i2.403Kata Kunci:
media sosial; Pertumbuhan Iman RemajaAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara media sosial dengan pertumbuhan iman remaja. Untuk mencapai hasil penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan penggumpulan data melalui pengisian angket serta menguji data menggunakan SPSS. Sedangkan sumber data bersumber dari 45 responden dari remaja di jemaat GBI Rehobot-Wekiar. Media sosial merupakan suatu alat atau perantara yang digunakan untuk berinteraksi dan berkomunikasi antara seseorang dengan orang lain yang banyak memberikan kontribusi atau manfaat. Pertumbuhan iman adalah kedewasaan seseorang secara rohani yang terus menerus bertumbuh menuju kesempurnaan didalam Yesus Kristus, memiliki perbedaan hidup dari orangorang yang tidak percaya dan semakin kuat didalam iman kepada Yesus Kristus. Hasil penelitian menggambarkan bahwa ada hubungan yang signifikan dari variabel X (Media Sosial) dengan variabel Y (Pertumbuhan Iman) sebesar 0,001 < 0,05.
Referensi
Cremers, Agus. 1995. Teori Perkembangan Kepercayaan Karya-Karya Penting James W. Fowler. Yogyakarta: Kanisius
Eriksson, Erik H. 1989. Identitas Dan Siklus Hidup Manusia : Bunga Rampai / Erik H. Eriksson ; Terjemahan Dan Pendahuluan Agus Cremers. Jakarta: Gramedia.
Fowler, James W. 2004. Manual for Faith Development Research. Georgia USA: Center for Research in Faith and Moral Development.
Gani, Alcianno G. 2020. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak Remaja.” Jurnal Mitra Manajemen 7(2).
Hanafi, Khusnul, dan Mohd Helmi Abd Rahim. 2017. “Penggunaan media sosial dan faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya gerakan sosial oleh pemimpin pelajar universiti di bandar Pekan Baru, Riau, Indonesia.” e-BANGI 12(2):87–101.
Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Ria Rahmatul Istiqomah, Roushandy Asri Fardani, Dhika Juliana Sukmana, dan Nur Hikmatul Auliya. 2020. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.
Ibda, Fatimah. 2015. “Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget.” 3.
Imron, Imron. 2019. “Analisa pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode kuantitatif pada CV. Meubele Berkah Tangerang.” Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) 5(1):19–28.
Indrawati, Rafika. 2021. “Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram serta pengaruhnya terhadap Subjective Well-being.” Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling 8(2):99–125.
Kandou, Dicky Alexander, dan Yunita Yunita. 2021. “Peranan Media Sosial Dalam Membangun Pertumbuhan Iman Jemaat Pada Masa Pandemi Covid 19.” TELEIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1(1):1–14. doi: 10.53674/teleios.v1i1.23.
Latif, Helen Farida, J. Musa Tannia Pangkey, Dessy Handayani, dan Nurnilam Sarumaha. 2022. “Digitalisasi sebagai Fasilitas dan Tantangan Modernisasi Pelayanan Penggembalaan di Era Pasca-Pandemi: Refleksi Teologi Kisah Para Rasul 20: 28.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 4(2):296–311.
Maryati, Kun, dan Juju Suryawati. 2006. Sosiologi. Jakarta: Esis.
Nalle, Andriani Paulin, Kethye Romelya Saba, dan Inosentia Seko. 2023. “Intensitas Penggunaan Aplikasi Facebook Dan Kepekaan Sosial Remaja.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 5(1):963–69.
Novianty, Clarysa Dewi. t.t. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Pada Remaja.” Pengaruh Penggunaan Media Sosial Pada Remaja.
Putri, Wilga Secsio Ratsja, Nunung Nurwati, dan Meilanny Budiarti S. 2016. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja.” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 3(1). doi: 10.24198/jppm.v3i1.13625.
Rafiq, Ahmad. 2020. “Dampak media sosial terhadap perubahan sosial suatu masyarakat.” Global Komunika 1(1):18–29.
Retalia, Retalia, Tritjahjo Danny Soesilo, dan Sapto Irawan. 2022. “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Remaja.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 12(2):139–49.
Rijanta, R., Hizbron, dan M. Baiquni. 2018. Modal Sosial dalam Manajemen Bencana. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, IKAPI, APPTI.
Saputra, Denny Surya. 2018. “Perkembangan Spiritual Remaja Sma Dharma Putra.” 16.
Setiadi, Ahmad. 2016. “Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi.” Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika 16(2).
Sianturi, Evelyna. t.t. “Teladan Orang Tua Terhadap Pertumbuhan Iman Anak Remaja.”
Simbolon, Wilson. 2021. “Pengaruh Peran Orang Tua terhadap Pertumbuhan Iman Remaja Kristen di Wilayah Jabodetabek.”
Siregar, Nurliani. 2017. “Peranan Penatua Dalam Pertumbuhan Iman Remaja Hkbp Pematang Panei Untuk Menghadapi Nilai-Nilai Destruktif Perkembangan Zaman.”
Siyoto, Sandu, dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supratman, Lucy Pujasari. 2018. “Penggunaan media sosial oleh digital native.” Jurnal Ilmu Komunikasi 15(1):47–60.
Tampubolon, Yuni Sartika. 2020a. “Peranan Pendidikan Agama Kristen Terhadap Iman Remaja di Gereja HKI Timbang Deli Amplas Medan Tahun 2020.”
Tampubolon, Yuni Sartika. 2020b. “Peranan Pendidikan Agama Kristen Terhadap Iman Remaja di Gereja HKI Timbang Deli Amplas Medan Tahun 2020.”
Wasak, Rince Rambu Pisu, dan Helen Farida. t.t. “Pengaruh Ibadah Online terhadap Pertumbuhan Iman pada Jemaat GKS Umamapu Sumba Timur.”
Yunardi Kristian Zega. 2020. “Teori Perkembangan Iman Remaja Menurut James W. Fowler Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio 12(2):140–51. doi: 10.36928/jpkm.v12i2.488.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sance Mariana Tameon; Marsi Bombongan Rantesalu, Hita Bolo, Melly P Dethan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.