Hubungan Media Sosial dengan Pertumbuhan Iman Remaja
DOI:
https://doi.org/10.52960/r.v4i2.403Keywords:
social media; Youth Faith GrowthAbstract
The aim of this research is to find out whether there is a relationship between social media and the growth of teenagers' faith. To achieve the results of this research, quantitative methods were used by collecting data through filling out questionnaires and testing the data using SPSS. Meanwhile, the data source came from 45 respondents from teenagers in the GBI Rehobot-Wekiar congregation. Social media is a tool or intermediary used to interact and communicate between someone and other people who provide many contributions or benefits. The growth of faith is a person's spiritual maturity which continues to grow towards perfection in Jesus Christ, has a different life from people who do not believe and becomes stronger in their faith in Jesus Christ. The research results illustrate that there is a significant relationship between variable X (Social Media) and variable Y (Faith Growth) of 0.001 < 0.05.
References
Cremers, Agus. 1995. Teori Perkembangan Kepercayaan Karya-Karya Penting James W. Fowler. Yogyakarta: Kanisius
Eriksson, Erik H. 1989. Identitas Dan Siklus Hidup Manusia : Bunga Rampai / Erik H. Eriksson ; Terjemahan Dan Pendahuluan Agus Cremers. Jakarta: Gramedia.
Fowler, James W. 2004. Manual for Faith Development Research. Georgia USA: Center for Research in Faith and Moral Development.
Gani, Alcianno G. 2020. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak Remaja.” Jurnal Mitra Manajemen 7(2).
Hanafi, Khusnul, dan Mohd Helmi Abd Rahim. 2017. “Penggunaan media sosial dan faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya gerakan sosial oleh pemimpin pelajar universiti di bandar Pekan Baru, Riau, Indonesia.” e-BANGI 12(2):87–101.
Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Ria Rahmatul Istiqomah, Roushandy Asri Fardani, Dhika Juliana Sukmana, dan Nur Hikmatul Auliya. 2020. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.
Ibda, Fatimah. 2015. “Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget.” 3.
Imron, Imron. 2019. “Analisa pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode kuantitatif pada CV. Meubele Berkah Tangerang.” Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) 5(1):19–28.
Indrawati, Rafika. 2021. “Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram serta pengaruhnya terhadap Subjective Well-being.” Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling 8(2):99–125.
Kandou, Dicky Alexander, dan Yunita Yunita. 2021. “Peranan Media Sosial Dalam Membangun Pertumbuhan Iman Jemaat Pada Masa Pandemi Covid 19.” TELEIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1(1):1–14. doi: 10.53674/teleios.v1i1.23.
Latif, Helen Farida, J. Musa Tannia Pangkey, Dessy Handayani, dan Nurnilam Sarumaha. 2022. “Digitalisasi sebagai Fasilitas dan Tantangan Modernisasi Pelayanan Penggembalaan di Era Pasca-Pandemi: Refleksi Teologi Kisah Para Rasul 20: 28.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 4(2):296–311.
Maryati, Kun, dan Juju Suryawati. 2006. Sosiologi. Jakarta: Esis.
Nalle, Andriani Paulin, Kethye Romelya Saba, dan Inosentia Seko. 2023. “Intensitas Penggunaan Aplikasi Facebook Dan Kepekaan Sosial Remaja.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 5(1):963–69.
Novianty, Clarysa Dewi. t.t. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Pada Remaja.” Pengaruh Penggunaan Media Sosial Pada Remaja.
Putri, Wilga Secsio Ratsja, Nunung Nurwati, dan Meilanny Budiarti S. 2016. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja.” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 3(1). doi: 10.24198/jppm.v3i1.13625.
Rafiq, Ahmad. 2020. “Dampak media sosial terhadap perubahan sosial suatu masyarakat.” Global Komunika 1(1):18–29.
Retalia, Retalia, Tritjahjo Danny Soesilo, dan Sapto Irawan. 2022. “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Remaja.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 12(2):139–49.
Rijanta, R., Hizbron, dan M. Baiquni. 2018. Modal Sosial dalam Manajemen Bencana. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, IKAPI, APPTI.
Saputra, Denny Surya. 2018. “Perkembangan Spiritual Remaja Sma Dharma Putra.” 16.
Setiadi, Ahmad. 2016. “Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi.” Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika 16(2).
Sianturi, Evelyna. t.t. “Teladan Orang Tua Terhadap Pertumbuhan Iman Anak Remaja.”
Simbolon, Wilson. 2021. “Pengaruh Peran Orang Tua terhadap Pertumbuhan Iman Remaja Kristen di Wilayah Jabodetabek.”
Siregar, Nurliani. 2017. “Peranan Penatua Dalam Pertumbuhan Iman Remaja Hkbp Pematang Panei Untuk Menghadapi Nilai-Nilai Destruktif Perkembangan Zaman.”
Siyoto, Sandu, dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supratman, Lucy Pujasari. 2018. “Penggunaan media sosial oleh digital native.” Jurnal Ilmu Komunikasi 15(1):47–60.
Tampubolon, Yuni Sartika. 2020a. “Peranan Pendidikan Agama Kristen Terhadap Iman Remaja di Gereja HKI Timbang Deli Amplas Medan Tahun 2020.”
Tampubolon, Yuni Sartika. 2020b. “Peranan Pendidikan Agama Kristen Terhadap Iman Remaja di Gereja HKI Timbang Deli Amplas Medan Tahun 2020.”
Wasak, Rince Rambu Pisu, dan Helen Farida. t.t. “Pengaruh Ibadah Online terhadap Pertumbuhan Iman pada Jemaat GKS Umamapu Sumba Timur.”
Yunardi Kristian Zega. 2020. “Teori Perkembangan Iman Remaja Menurut James W. Fowler Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio 12(2):140–51. doi: 10.36928/jpkm.v12i2.488.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sance Mariana Tameon; Marsi Bombongan Rantesalu, Hita Bolo, Melly P Dethan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.