Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Menanamkan Sikap Disiplin pada Anak Hiperaktif

Authors

  • Haraitoni D. Sianturi sekolah tinggi teologi ekumene
  • Elsy Hartati Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta
  • Elieser R. Marampa Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta
  • Eddy Simanjuntak Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta

Keywords:

Christian Education Teacher, Discipline, Hyperactive children.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kreativitas guru Pendidikan Agama Kristen dalam menanamkan sikap disiplin kepada anak hiperaktif. Sebagai upaya membawa perubahan bagi anak hiperaktif secara terkhusus yang mengarahkan pada membentukan kedisiplinan. Dengan menggunakan metode studi pustaka yaitu mengumpulkan sumber-sumber berbagai referensi dari artikel jurnal, hasil penelitian sebelumnya, sumber dari internet dan sumber-sumber lainnya yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas dalam penelitian. Adapun hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa; Guru untuk membimbing dan mengarahkan anak yang memiliki sikap hiperaktif maka, diperlukan kreativitas guru Pendidikan Agama Kristen dalam menanamkan sikap disiplin. Anak hiperaktif akan mengalami perubahan di dalam dirinya dengan tata tertib yang diajarkan dari Alkitab. Adapun penanaman sikap disiplin dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut; 1) Mengajar dan membimbing anak hiperaktif secara berulang-ulang dengan peraturan setiap hari; 2) Mengajak anak mempraktikan kelembutan dalam berkomunikasi dengan sesama teman sebaya, orang tua; 3) Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan; 4) Menerapkan hukuman yang bersifat mendidik dan penuh kasih sebagai disiplin. Dengan harapan agar anak tidak mengulangi kesalahan yang sama. Anak hiperaktif akan dimudahkan untuk mengaturnya lebih baik dari yang sebelumnya bagi guru yang mengajar dan orang tua yang mendidik.

 

References

Admin GKI. 2020. “Perkataan Lemah Lembut.” Gereja Kristen Indonesia Karangsaru. https://gkikarangsaru.org/perkataan-lemah-lembut/.

Amon Karlau. 2020. “OTORITAS GURU PAK DAN ORANG TUA:Disiplin Dan Hukuman Fisik Dalam Perspektif Amsal 13:24,” 2, 2. https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:mTUl7RVnEp0J:scholar.google.com/+Jurnal+Amon+Karlau,+2020,+%22Otoritas+Guru+PAK+dan+Orang+Tua:+Disiplin+dan+Hukuman+Fisik+Dalam+Perspektif+Amsal+13:34%22&hl=id&as_sdt=0,5.

Christa Siahaan. 2019. “Peraan Orangtua Pendidikan Dan Pembentuk Karakter Spiritualitas Remaja,” 2, 3: 93–114.

Crisvin Hendra M,. 2017. “Pendidikan Agama Kristen (PAK),” 2017.

Deslinawati Telaumbanua. 2022. “Aplikasi Makna Pergaulan Menurut 1 Korintus 15:33-34 BagiPemuda Kristen Masa Kini,” 1, 2. https://e-journal.sttberitahidup.ac.id/index.php/jtk/article/view/304.

Dorlince Simatupang. 2020. “STUDI TENTANG PERILAKU HIPERAKTIF DAN UPAYAPENANGANAN ANAK DI TK PEMBINATEBING TINGGI,” 1, 6. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/4697.

Fia Novita. 2021. “MENEJEMEN PENANGANAN PERILAKU HIPERAKTIF ANAK USIADINI DI BA ‘AISYIYAH WATUBELAH,” 2, 2: 10.

Gita Indriana. 2020. “Gambaran Perilaku Anak Hiperaktif Pada Siswa Kelas 1 Negeri Ll Demak Ijo,” 2, 7. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2996928&val=27000&title=GAMBARAN%20PERILAKU%20ANAK%20HIPERAKTIF%20PADA%20SISWA%20KELAS%20I%20SD%20NEGERI%20II%20DEMAK%20IJO.

Haria Mingkala. 2021. “Pendampingan Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mendidik Anak HiperaktifSerta Cara Menangani Anak Hiperaktif,” 1, 1. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas/article/view/853.

Hartanto. 2021. “Kelemahan Lembutan.” https://open.noice.id/content/8933451d-ddeb-429b-ab79-ab24ad1da56a.

Izzatin Kamala. 2020. “GAMBARAN PERILAKU ANAK HIPERAKTIF PADA SISWA KELAS ISD NEGERI II DEMAK IJO,” 2, 7. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2996928&val=27000&title=GAMBARAN%20PERILAKU%20ANAK%20HIPERAKTIF%20PADA%20SISWA%20KELAS%20I%20SD%20NEGERI%20II%20DEMAK%20IJO.

Karlau Sensius Amon. 2020. “OTORITAS GURU PAK DAN ORANG TUA:Disiplin Dan Hukuman Fisik Dalam Perspektif Amsal 13:24,” 2, 2. https://www.jurnal.sttstarslub.ac.id/index.php/js/article/view/124.

Khasanah Hidayatul, dkk,. 2016. “METODE BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAMMENANAMKAN KEDISIPLINAN SHOLAT DHUHA PADAANAK HIPERAKTIF DI MI NURUL ISLAM NGALIYAN SEMARANG,” 1, 36. http://dx.doi.org/10.21580/jid.36.1.1623.

Kristiani GBA Center. 2017. “Ajarlah Firman Tuhan pada Anak Setiap Hari | Ulangan 6:7 (TB).” Renungan Harian. https://bacaalkitab.com/ajarlah-firman-tuhan-pada-anak-setiap-hari-ulangan-67-tb/.

Martina Waruwu. 2023. “Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini: Kajian Kitab Ulangan 6:7,” 1, 2. ojs.stak-samarinda.ac.id/index.php/manthano/index.

Mega. 2022. “STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKANAGAMA KRISTEN PADA ANAK BERKEBUTUHANKHUSUS DI SEKOLAH DASAR INKLUSI,” 2, 1. http://ojs.stakrri.ac.id/index.php/theologiainsani/article/view/16.

Mulfiani Tri Nola. 2022. “Studi Kasus Permasalahan Sosial Anak Hiperaktif Di Taman Kanak-Kanak,Bukittinggi,” 6, 4. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10090.

Naimah. 2023. “Peran Guru Dalam Menangani Anak Hiperaktif,” 2023. https://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC/article/view/2051.

Nisak Choirun Aulina. 2013. “PENANAMAN DISIPLIN PADA ANAK USIA DINI,” 1, 2. https://pedagogia.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/1316.

Superadmin. 2022. “5 Alasan Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Nyaman.”

Suryana Dadan. 2022. “Studi Kasus Permasalahan Sosial Anak Hiperaktif Di Taman Kanak-Kanak,Bukittinggi,” 6, 4. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10090.

Yuliastari Resti. 2022. “Yuliastari Resti, “UPAYA GURU DALAM MENGATASI ANAK YANG MENGALAMI GANGGUAN HIPERAKTIF (STUDI KASUS DI PAUD PERMATA BUNDA BANDAR LAMPUNG.” http://repository.radenintan.ac.id/22549/.

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Articles